Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII baru saja mengadakan kuliah umum (general lecture) bagi mahasiswa seluruh angkatan. Kegiatan berlangsung pada hari Jum’at, 07 Juni 2024, jam 09.00 WIB bertempat di Auditorium FTI UII. Adapun pemateri adalah Dr. Ir. Ainur Rosyida, M.Si. yang merupakan Dosen Program Studi Teknik Kimia Tekstil, Sekolah Tinggi Teknologi “Warga” (STTW) Surakarta. Beliau merupakan Alumni Jurusan Teknik Kimia Konsentrasi Teknik Tekstil, menyelesaikan S2 di Universitas Gadjah Mada dan S3 di Universitas Negeri Sebelas Maret.

“Terima kasih kepada Bu Ainur yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dengan kita semua, supaya menjadi perhatian bersama bahwa pewarna alam tidak sepenuhnya ramah lingkungan,” kata Ir. Agus Taufiq, M.Sc. selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII dalam sambutannya. Beliau menambahkan, potensi pencemaran lingkungan karena zat warna tetap ada dan perlu diperhatikan. Bertugas sebagai moderator kuliah umum adalah Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc. yang merupakan Dosen Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII.

Penyampaian Materi General Lecture STTW Surakarta (07/06/24)

Sebagaimana diketahui, zat warna sintetis mudah didapatkan, mau warna apa saja mudah tersedia. Berbeda dengan zat warna alam, penggunaan zat warna sintetis lebih praktis, tidak perlu mengekstrak, tidak perlu menyaring, langsung dilarutkan dengan air kemudian bisa dipakai celup warna. Tahan lunturnya baik, kecerahannya juga baik, bisa mewarnai semua jenis serat baik serat protein maupun selulosa, baik serat alam maupun serat buatan. “Akan tetapi, kandungan logam berat pada zat warna sintetis menjadi potensi pencemaran karena sifatnya tidak terurai di alam. Golongan aromatik sulit terdegradasi oleh bakteri atau mikroba,” terang Bu Ainur.

Pada zat warna sintetis, logam berat merupakan kunci molekul warna dapat berikatan dengan baik pada molekul serat. Sedangkan pada zat warna alam, kuncinya dapat dikatakan terdapat dalam proses mordan karena zat-zat mordan yang umumnya digunakan mengandung unsur logam berat. “Saya pernah mencelup dengan buah naga, tanpa mordan, setelah dicuci kain jadi putih bersih,” cerita Bu Ainur. Pencemaran zat warna alam bisa berasal dari larutan mordan, baik mordan awal maupun mordan akhir yang dikenal dengan proses fiksasi warna. Kandungan zat pencemar dapat dikurangi/dihilangkan dengan pengolahan air limbah.

Sesi Tanya Jawab General Lecture STTW Surakarta (07/06/24)

Kegiatan kuliah umum juga diikuti sesi tanya jawab. Salah satunya dari Fatimah Azzahra Shahab mahasiswa angkatan 2021, “Dari sekian banyak zat warna alam dan sintetis yang digunakan, apakah ada grade-nya supaya dapat lebih diketahui seberapa aman digunakan?” Pada intinya, jika ingin melakukan pencelupan atau pewarnaan, sebaiknya menggunakan zat warna yang tidak memiliki gugus azo atau ikatan rangkap karena tidak dapat diuraikan oleh bakteri atau mikroba karena bersifat aromatik atau berbentuk cincin. Menutup kegiatan kuliah umum, Bu Ainur berpesan bahwa kita butuh punya mimpi. Kalau mimpi menjadi orang bermanfaat, mulai wujudkan dari sekarang selagi mahasiswa agar kelak bisa tercapai. (ASB)

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sesuai dengan peraturan akademis yang berlaku di Program Studi Rekayasa Tekstil, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, sebagaimana tertulis dalam Buku Pedoman Kerja Praktik dan Tugas Akhir Tahun Akademik 2022/2023 (Tanggal Berlaku: 06 Februari 2023), pada Sub Bab 2.10, bersama ini disampaikan pemberitahuan yang disesuaikan sebagai berikut:

  1. Ujian pendadaran pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 Batch 3 insya Allah akan dilaksanakan tanggal 13 Juni 2024. Adapun jadwal akan diinformasikan kemudian setelah pendaftaran ditutup.
  2. Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ujian pendadaran dengan informasi selengkapnya melalui https://bit.ly/PendadaranRekateks
  3. Sebelum melakukan pendaftaran sebagaimana poin 2, mahasiswa dapat melakukan pembayaran terlebih dahulu dengan informasi selengkapnya melalui https://tinyurl.com/PengajuanKodeBayarRekateks
  4. Pendaftaran ujian pendadaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 mulai tanggal 07 Juni 2024 sampai dengan 12 Juni 2024 jam 12.00 WIB. Mohon diperhatikan batas waktu pendaftaran bagi mahasiswa yang telah mengambil Tugas Akhir dengan masa bimbingan terhitung per tanggal 01 September 2023 dan sudah melakukan satu kali masa perpanjangan, sebab jika terlambat ataupun tidak mendaftar, maka sebagai konsekuensinya diharuskan mengulang Tugas Akhir.

Demikian pengumuman ini disampaikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan dapat menghubungi Mbak Nia Wulandari selaku admin prodi. Semoga berkah dan manfaat senantiasa menyertai kita semua. Jadi pionir, siap berkarir!

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Assalāmua’aikum Warahmatullāhi Wabarakātuh

Program Studi (Prodi) S1 Rekayasa Tekstil FTI UII mempersembahkan Kuliah Umum atau General Lecture dengan tema:

“Pengembangan Zat Warna Alam dalam Penerapannya pada Proses Pewarnaan Tekstil dan Produk Kerajinan”

Acara insya Allah akan dilaksanakan pada:
🗓️ Hari, Tanggal : Jum’at, 7 Juni 2024
Waktu : 09.00 – 11.00 WIB
🏠 Tempat : Auditorium FTI UII

📌
Acara ini WAJIB bagi seluruh mahasiswa Rekayasa Tekstil angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023 (semua angkatan).

Pembicara:
*Assoc. Prof. Dr. Ir. Ainur Rosyida, M.Si.*
Dosen Program Studi Teknik Kimia Tekstil
Sekolah Tinggi Teknologi “Warga” Surakarta
Alumni Jurusan Kimia Tekstil FT UII

Moderator:
*Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc.*
Dosen Program Studi Rekayasa Tekstil
Universitas Islam Indonesia

“Jadi Pionir, Siap Berkarir!”

Jazākumullāhu Khayrān

Wassalāmu’alaikum Warahmatullāhi Wabarakātuh