IKATSI dan Rekayasa Tekstil UII Selenggarakan Pelatihan Ecoprint

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, memperluas kerjasama bersama mitra, dan mengembangkan potensi tekstil yang ada di Indonesia, Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII), bekerja sama dengan Ikatan Ahli Tekstil Seluruh Indonesia (IKATSI) menyelenggarakan pelatihan ecoprint bagi masyarakat umum. Pelatihan tersebut berlangsung pada hari Jum’at tanggal 21 Oktober 2022, bertempat di Laboratorium Rekayasa Tekstil, Gedung K.H.A. Wahid Hasyim, Kampus UII Terpadu.

Peserta Pelatihan Ecoprint Menata Dedaunan di Atas Kain (21/10/22)

Pelatihan ini diikuti oleh sedikitnya 30 peserta, baik dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta, seperti dari Surakarta dan Purwokerto. Latar belakang peserta beragam, ada mahasiswa, guru, pegawai swasta, kelompok wiraswasta, dan ibu rumah tangga. Bertindak selaku pemateri pelatihan adalah Ibu Ir. Sri Herlina, M.Si. dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya, Yogyakarta. Pelatihan dimulai dengan sesi penyampaian modul oleh Bu Herlina dan dilanjutkan sesi praktik langsung oleh peserta didampingi sejumlah fasilitator.

Jenis kain yang digunakan untuk pelatihan ada yang diberi warna dan tidak diberi warna. Untuk kain yang diberi warna, pewarna yang digunakan merupakan larutan ekstrak zat warna alam dari kulit kayu tegeran, tingi, dan mahoni. Diketahui ada beberapa teknik ecoprint dimana dalam pelatihan ini digunakan teknik kukus (steam). Meski cuaca hari itu mendung dan hujan sejak pagi hingga sore hari, pelatihan dapat berjalan dengan lancar. “Senang sekali bisa ikut pelatihan ini, bisa dapat ilmu dan juga teman baru,” ucap Arina, salah seorang peserta mahasiswa.

Foto Bersama antara Pemateri, Peserta, dan Panitia (21/10/22)

“Kami tidak menyangka antusias masyarakat begitu besar, kuota peserta terpenuhi lebih cepat seminggu sebelum pelaksanaan. Awalnya kami menerima 25 peserta saja, namun alhamdulillah bisa kami tambah hingga 32 peserta,” kata Ir. Ekawati selaku Ketua Panitia dari IKATSI Sektor Batik. Lebih lanjut, disampaikan beliau bahwa peserta yang sudah mendaftar dan membayar biaya pendaftaran, namun belum dapat diikutsertakan sebagai peserta, nantinya dialihkan ke pelatihan berikutnya. Pelatihan ini merupakan yang pertama dan direncanakan berkelanjutan.

Ditemui di tempat terpisah, Ir. Agus Taufiq, M.Sc. selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Teksti FTI UII menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik insiasi dan pelaksanaan pelatihan ini. “Sebagai prodi baru, kami tentunya sangat terbuka untuk menjalin kerjasama, seperti dengan perusahaan, sekolah, termasuk dalam hal ini asosiasi profesi IKATSI.” Beliau berharap bahwa ke depannya kerjasama dengan IKATSI senantiasa terjalin sehingga terus menebar manfaat, baik bagi prodi secara khusus maupun masyarakat secara umum. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *