Workshop Pengolahan Limbah Masker Bersama SMK Muhammadiyah 2 Sleman

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII), menyelenggarakan Workshop Pengolahan Limbah Masker Sekali Pakai bersama guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Acara yang berlangsung hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022 tersebut bertempat di Ruang Kelas 04.16 FTI UII. Acara diikuti oleh enam orang guru dan sembilan orang siswa yang juga dihadiri delapan orang dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan dari Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII.

Sesi Teori Pengolahan Limbah Masker di Ruang Kelas (10/08/22)

Sesi pertama merupakan sesi teori. Sesi ini dilaksanakan pukul 09.30 – 10.30 WIB dengan pemaparan materi oleh Ibu Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc. selaku Dosen Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII. Dalam materi tersebut, disampaikan bahan dasar masker sekali pakai (masker medis), yaitu polimer bernama polypropylene, produk-produk tekstil yang terbuat dari polypropylene, serta salah satu cara untuk mengolah limbah masker medis dengan menjadikannya lembaran plastik. Lembaran ini nantinya dapat dibuat menjadi produk baru yang bernilai tambah.

Sesi kedua merupakan sesi praktik. Sesi ini dilaksanakan pukul 11.00 – 15.00 WIB dimana peserta berpindah dari ruang kelas ke Laboratorium Tekstil Fungsional milik Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII. Sebelum pelatihan dilaksanakan, guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Sleman telah mengumpulkan sampah masker di sekolah yang sudah dipisahkan antara tali dan maskernya di tempat sampah khusus. Sampah masker tersebut kemudian dicuci dan dijemur sampai kering, lalu diambil oleh tim dari Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII untuk diolah dalam pelatihan.

Sesi Praktik Pengolahan Limbah Masker di Laboratorium (10/08/22)

Pada sesi praktik, dimulai dengan pengarahan dari Ibu Dr. Eng. Rina Afiani Rebia, S.Hut., M.Eng. selaku Dosen Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII untuk memisahkan lapisan masker yang terdiri dari lapisan luar, tengah, dan dalam. Setiap lapisan kemudian digunting berukuran kecil untuk selanjutnya diletakkan di cetakan dan dilelehkan dengan alat hot press pada suhu 200oC. Dalam sesi ini, disampaikan pula penjelasan dari Amelia Tri Budi Astuti selaku Mahasiswa Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII 2021, bahwa lapisan luar masker pun dapat diolah atau didaur ulang tersendiri dengan cara dijahit, seperti menjadi tas, dompet, atau produk kreatif lainnya.

Para siswa SMK Muhammadiyah 2 Sleman tampak antusias. Salah seorang siswa bernama Syifa akan mencoba membuat hiasan bermotif bunga saat ditanya apa produk yang akan dibuatnya dari hasil pengolahan limbah masker. Guru-guru pun menyambut positif. “Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana, kami sangat mengapresiasi. Semoga kerja sama yang terjalin antara Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII dan SMK Muhammadiyah 2 Sleman dapat terus berlanjut ke depannya,” kata Ibu Siti selaku perwakilan guru SMK Muhammadiyah 2 Sleman. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.