Penjajakan Kerjasama Rekayasa Tekstil UII dan SMK Kesehatan Binatama

Dalam rangka tridharma perguruan tinggi melalui peningkatan kerjasama mitra, Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII), menyelenggarakan kerjasama dengan SMK Kesehatan Binatama. Agenda penandatanganan naskah kerjasama telah dilakukan antara Dekan FTI UII dan Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama pada hari Kamis tanggal 15 September 2022 bertempat di Ruang Sidang Dekanat FTI UII. Hadir pula enam dosen Rekayasa Tekstil UII dan dua guru SMK Kesehatan Binatama.

Dekan FTI UII bersama Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama setelah Penandatanganan Naskah Kerjasama (15/09/22)

“Kami berharap dari kerjasama ini dapat saling memberi keuntungan bagi kedua pihak, dari Rekayasa Tekstil UII bisa menjadi guru tamu di sekolah kami, begitu pula anak-anak kami nanti harapannya bisa melanjutkan studi di Rekayasa Tekstil UII,” kata Ibu Nuri Hastuti, S.P., M.K.M., selaku Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama. Ada dua jurusan di SMK Kesehatan Binatama, yaitu Farmasi dan Keperawatan. Setiap tahun diadakan pameran pendidikan di sekolah dimana sejumlah perguruan tinggi membuka stan untuk memberi informasi bagi siswa-siswi kelas XII.

Sementara itu dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T., IPU., ASEAN Eng., menyampaikan bahwa setelah dilakukan penandatanganan, maka kerjasama dapat segera diimplementasikan. “Jangan sampai selama setahun tidak ada kegiatan, nanti saya cabut perjanjian kerjasamanya,” seloroh Prof. Hari. Hal ini dikarenakan saat akreditasi, salah satu hal yang menjadi pertanyaan adalah bentuk kerjasama apa yang sudah dilaksanakan, sehingga tidak sebatas legal hitam di atas putih saja. Prodi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII tentu sangat menyambut hangat kerjasama ini.

Penyampaian Materi Pengelolaan Limbah Masker Medis oleh Dosen Prodi S1 Rekayasa Tekstil UII kepada Siswa-Siswi SMK Kesehatan Binatama (16/09/22)

Sehari setelahnya, Prodi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII mengirimkan tiga dosen untuk menjadi guru tamu di SMK Kesehatan Binatama. Sebagai informasi, setiap hari Jum’at tidak ada pembelajaran di kelas bersama guru seperti biasa, akan tetapi pembelajaran dilaksanakan di luar kelas atau dilakukan dengan mengundang pemateri dari luar sekolah. Pada hari Jum’at tanggal 16 September 2022, tiga dosen Prodi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII, yaitu Ibu Dr. Eng. Rina Afiani Rebia, S.Hut., M.Eng., Ibu Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc., dan Pak Ahmad Satria Budiman, S.T., M.Sc., berkesempatan untuk memberi materi pengelolaan limbah masker medis.

Sesi pembelajaran siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama bersama dosen Prodi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII berlangsung interaktif dimana kelas X bersama Ibu Rina, kelas XI bersama Ibu Febri, dan kelas XII bersama Pak Budi. Di samping pemaparan materi melalui presentasi dan contoh produk kreasi daur ulang limbah masker medis, dalam sesi tersebut juga diputarkan sejumlah video dan pembagian bingkisan bagi peserta aktif. “Kami tunggu kembali kehadirannya untuk memberi pengetahuan baru kepada kami,” pungkas Bu Diana, salah seorang guru SMK Kesehatan Binatama, saat tim dosen berpamitan meninggalkan sekolah. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.