Rekayasa Tekstil UII Sambut Kunjungan SMK Sosial Islam 1 Prambanan

Program Studi S1 Rekayasa Tekstil menyambut kunjungan kampus dari SMK Sosial Islam 1 Prambanan di Ruang Audiovisual 01.10 Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII). Kunjungan berlangsung hari Selasa tanggal 31 Oktober 2023 pukul 09.30 WIB. Rombongan terdiri dari sedikitnya 40 pelajar kelas XI dan 6 guru pendamping. Rombongan disambut oleh pimpinan program studi, dosen, dan mahasiswa-mahasiswi Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII.

Pemaparan Profil Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII (31/10/23)

“Kami mengucapkan terima kasih sudah disambut dengan hangat. Harapannya kunjungan ini dapat membuka wawasan murid-murid kami tentang apa itu Rekayasa Tekstil,” kata Ibu Murwaningsih Wibowo, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK Sosial Islam 1 Prambanan. Lebih lanjut, disampaikan bahwa kunjungan kampus merupakan tindak lanjut dari penandatanganan naskah kerjasama yang sebelumnya dilakukan. Adapun acara akan diisi dengan pemaparan mengenai Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, diskusi atau tanya jawab, dan kunjungan laboratorium.

“Saat ini, proses penerimaan mahasiswa baru (PMB UII) sudah dibuka dan silakan dalam kesempatan ini dapat dipelajari juga peluang beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk menempuh studi di sini,” tutur Ir. Agus Taufiq, M.Sc., selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII dalam sambutannya. Pemaparan program studi dibawakan oleh Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc., selaku Dosen Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII. Sejumlah hal yang disampaikan antara lain jenis beasiswa, pola seleksi, sebaran alumni, dan prospek kerja.

Siswa-Siswi SMK Sosial Islam 1 Prambanan Melihat Fasilitas Laboratorium (31/10/23)

Usai pemaparan, acara berikutnya adalah tanya jawab dan juga pembagian souvenir yang dipandu langsung oleh Latif Budiono dan Aulia Ajeng Rerengganing Dias. Keduanya merupakan mahasiswa Program Studi S1 Rekayasa Tekstil Angkatan 2020. Peserta kunjungan dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII sehingga jawaban dari pertanyaan yang diajukan merupakan pengalaman yang dialami langsung. Selain itu, keterlibatan mahasiswa di sini juga merupakan salah satu bentuk kolaborasi dosen dan mahasiswa di Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII yang tentunya masih banyak lagi kolaborasi lainnya.

Setelah menerima pemaparan program studi dan melakukan tanya jawab, rombongan SMK Sosial Islam 1 Prambanan kemudian melihat langsung laboratorium Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, yaitu Laboratorium Manufaktur dan Pengujian Tekstil, Desain Produk Tekstil, Proses Kimia Tekstil dan Teknologi Nano, serta Tekstil Fungsional. Sesi ini dipandu oleh mahasiswa Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, yaitu selain Latif dan Ajeng, bersama juga Nailul Amani dari Angkatan 2021. Tampak bahwa siswa-siswi dan guru SMK Sosial Islam 1 Prambanan cukup antusias bertanya mengenai peralatan yang ada di laboratorium, serta kegiatan praktikum apa saja yang dilakukan. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *