Lima Tim PKM UII Lolos PIMNAS 2023, Salah Satunya Diketuai Mahasiswa Rekayasa Tekstil

Memasuki tahun keempat, Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII menorehkan sejarah baru. Salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diketuai mahasiswa Rekayasa Tekstil UII berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Hal ini berdasarkan Surat Pengumuman Nomor 2416/J7.1/PN.00/2023 yang dikeluarkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada tanggal 06 November 2023. Surat tersebut dapat diakses melalui portal Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Tim PKM 2023 yang Diketuai Mahasiswa Rekayasa Tekstil UII

Tim yang diketuai oleh Nabiel Naufal, mahasiswa Rekayasa Tekstil angkatan 2021, mengikuti skema Karya Inovatif (PKM-KI). Judul yang diajukan tim ini adalah “Inovasi Pakaian Berbasis Teknologi Nano TiO2 dengan Dip-Pad-Dry-Cure untuk Penerapan Self-Cleaning”. Tim ini beranggotakan Nailul Amani (Rekayasa Tekstil 2021), Fatimah Azzahra Shahab (Rekayasa Tekstil 2021), dan Isnaeni Wardatur Rahmah (Teknik Kimia 2021). Adapun yang bertindak sebagai dosen pendamping adalah Ahmad Satria Budiman, S.T., M.Sc. yang merupakan dosen Rekayasa Tekstil UII.

“Tentunya sangat membanggakan dan kami bersyukur sekali. Ini kali pertama tim kami lolos pendanaan dan alhamdulillah pertama kali juga lolos PIMNAS. Semoga seluruh tim PKM UII konsisten dan menunjukkan performa maksimal, sehingga memperoleh hasil terbaik di PIMNAS,” kata Ir. Agus Taufiq, M.Sc. selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII. Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa sebetulnya ada dua tim PKM UII dengan ketuanya mahasiswa Rekayasa Tekstil yang lolos pendanaan, namun dalam kesempatan ini ada satu tim yang lolos ke PIMNAS.

Sebagaimana diketahui, UII pada tahun 2023 ini mengajukan 467 proposal PKM melalui portal Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Simbelmawa). Dari jumlah tersebut, sebanyak 41 proposal (tim) lolos pendanaan yang menjadikan UII sebagai perguruan tinggi swasta peringkat 4 terbanyak lolos pendanaan PKM 2023. Seiring berjalannya waktu, sebanyak 5 dari 41 tim tersebut lolos ke PIMNAS, salah satunya adalah tim yang diketuai mahasiswa Rekayasa Tekstil UII. Adapun untuk PIMNAS ke-36 tahun 2023 akan dilaksanakan di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung tanggal 26 November sampai dengan 1 Desember 2023.

Mohon doanya semoga tim PKM UII diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga mampu berlaga dengan optimal pada PIMNAS ke-36 tahun 2023. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *