Ikatan Keluarga Alumni Rekayasa Tekstil UII Adakan Pelantikan dan Rapat Kerja

Program Studi S1 Rekayasa Tekstil Universitas Islam Indonesia (Rekateks UII) dan Ikatan Keluarga Alumni Prodi Rekayasa Tekstil Universitas Islam Indonesia (Ikateks UII) bekerja sama mengadakan acara pelantikan dan rapat kerja pengurus Ikateks UII Periode 2023-2028. Acara berlangsung hari Ahad tanggal 24 Desember 2023 pukul 09.30 WIB sampai selesai di Auditorium Fakultas Teknologi Industri (FTI). Tercatat sedikitnya 50 alumni atau pengurus dari berbagai daerah, antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Lampung, menghadiri acara tersebut.

Sambutan Dekan FTI dalam Pelantikan Ikateks UII Periode 2023-2028 (24/12/23)

“Perlu saya sampaikan, Rekateks ini punya perjalanan berliku. Pada tahun 1975 dibuka Jurusan Teknologi Tekstil di kampus Taman Siswa waktu itu,” tutur Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T., IPU, ASEAN.Eng selaku Dekan FTI UII dalam sambutannya membuka acara. Beliau melanjutkan, pada tahun 1982 muncul Jurusan Teknik Industri dan bergabung dengan tekstil menjadi Fakultas Teknologi Industri (FTI). Seiring waktu, tekstil menjadi pendidikan vokasi berdasarkan kebijakan pemerintah sehingga kalau mau tetap pendidikan akademik, alternatifnya bergabung dengan Teknik Mesin atau Teknik Kimia. “Dan dosen-dosen memilih Teknik Kimia, maka Teknik Kimia FTI UII itu sesungguhnya dibentuknya dari tekstil,” terang Prof. Hari.

Rekateks UII saat ini merupakan satu-satunya prodi akademik di Indonesia, bukan vokasi, satu-satunya prodi S1 yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang tekstil. Meski terbilang prodi baru, terjawab sudah dari sejarahnya mengapa sudah memiliki jejaring alumni yang tersebar di berbagai sektor. Dengan terbentuknya Ikateks UII yang terdiri dari alumni tekstil lintas angkatan, harapannya Rekateks UII sebagai prodi terbaru di FTI UII dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas. “Ini adalah prodi langka yang sangat dibutuhkan di industri,” tegas Prof. Hari.

Suasana Rapat Kerja Ikateks UII Periode 2023-2028 di Auditorium FTI (24/12/23)

Usai pembukaan, acara dilanjutkan pelantikan yang ditandai dengan pembacaan surat keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (DPP IKA UII). Berikutnya rapat kerja yang dipimpin oleh Bapak Ir. Mohammad Abdul Najib, M.B.A., Bapak Ir. Agus Taufiq, M.Sc., dan Bapak Armai Syahruddin, S.T. selaku Ketua, Wakil Ketua 1, dan Sekretaris Ikateks UII Periode 2023-2028. Dalam rapat kerja tersebut, setiap divisi memaparkan apa yang menjadi program kerjanya dan mendapatkan masukan untuk akhirnya disepakati bersama.

“Ikateks UII tentunya berkomitmen untuk bersinergi bersama Rekateks UII dalam membangun industri tekstil dan produk tekstil di Indonesia, baik dari pendidikan di kampus maupun kiprah lulusan di dunia kerja nantinya,” kata Bapak Ir. Mohammad Abdul Najib, M.B.A. selaku Ketua Ikateks UII Periode 2023-2028. Hal ini salah satunya tecermin dari program kerja yang telah disepakati bersama. Pemilik usaha Zaemerci Discharge Denim yang berdomisili di Jawa Barat ini bahkan menyampaikan bahwa tempat usahanya terbuka bagi mahasiswa Rekateks UII untuk kerja praktik. “Nanti saya langsung yang akan membimbing mahasiswa,” pungkas Pak Najib. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *