Rekayasa Tekstil UII Sambut Kunjungan Pondok Modern Darul Istiqomah

Program Studi S1 Rekayasa Tekstil menyambut kunjungan kampus dari Pondok Modern Darul Istiqomah di Ruang Auditorium Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII). Kunjungan berlangsung hari Rabu tanggal 20 Desember 2023 pukul 09.30 WIB. Rombongan terdiri dari sedikitnya 30 santri putra dan putri beserta guru pendamping. Rombongan disambut oleh pimpinan program studi, dosen, dan mahasiswa-mahasiswi Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII.

Pemaparan Profil Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII (20/12/23)

“Saya sampaikan dulu bahwa di FTI UII ini terdapat enam jurusan tingkat S1, yang bungsu adalah Rekayasa Tekstil,” tutur Ir. Agus Taufiq, M.Sc., selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII dalam sambutannya. Meski belum genap 4 tahun, tahun ini sudah meluluskan lima orang mahasiswa. Untuk prestasi mahasiswa, sudah berhasil mengirim kontingen ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Untuk prestasi dosen, sudah berhasil meraih Hibah Kedaireka. “Jadi insya Allah mahasiswa dan dosen sama-sama membanggakan,” imbuh Ir. Agus Taufiq, M.Sc.

“Terima kasih sudah berkenan menerima kami di sini, kami dari pulau seberang berharap hari ini bisa belajar banyak di FTI UII. Harapannya ada oleh-oleh ilmu yang bisa kami bawa pulang,” kata H. Zakaria selaku Pimpinan Pondok Darul Istiqomah mewakili rombongan. Pondok Modern Darul Istiqomah berlokasi di Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Belitung. Pendidikan yang diterapkan, sekolah berbasis pesantren dengan tetap mengacu pada Kemendikbudristek RI. “Setiap tahun kami mengadakan study tour di akhir kelas XI,” tambah H. Zakaria.

Santri Putra Darul Istiqomah Memperoleh Penjelasan Mahasiswa (20/12/23)

Usai sambutan dari kedua pihak, acara dilanjutkan dengan bertukar cinderamata. Berikutnya disambung dengan pemaparan tentang FTI UII, khususnya Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII. Rombongan memperoleh penjelasan yang lengkap tentang sejarah kampus, jurusan/program studi yang ada, fasilitas kampus, dan pola seleksi yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru. Termasuk hal-hal apa saja yang akan dipelajari di Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII. Usai pemaparan, acara dilanjutkan tanya jawab dan pembagian kelompok kunjungan laboratorium.

Rombongan kemudian melihat langsung laboratorium Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, yaitu Laboratorium Manufaktur dan Pengujian Tekstil, Desain Produk Tekstil, Proses Kimia Tekstil dan Teknologi Nano, serta Tekstil Fungsional. Sesi ini dipandu oleh mahasiswa Program Studi S1 Rekayasa Tekstil, yaitu bersama Muhammad Fa’id Rizki dan Friska Anggi Finola dari Angkatan 2021 serta Fadel Pasha Parluhutan dan Nasywa Hanifah Anwar dari Angkatan 2022. Tampak bahwa rombongan Pondok Modern Darul Istiqomah cukup antusias bertanya mengenai peralatan yang ada di laboratorium, serta kegiatan pembelajaran seperti apa saja yang dilakukan. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *