Optimalkan Mahasiswa, Rekayasa Tekstil UII Gelar Student Expo

Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII baru saja menggelar student expo dengan tema “Teknologi, Wastra, dan Material Maju.” Kegiatan berlangsung pada hari Selasa, 19 Desember 2023, jam 08.00 – 16.00 WIB bertempat di Hall FTI UII. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa, khususnya di bidang kewirausahaan. Komitmen tersebut merupakan misi dalam menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran yang kondusif sehingga dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang rekayasa tekstil yang andal kepada lulusannya.

Suasana Gelaran Student Expo Rekayasa Tekstil UII (19/12/23)

Dalam sambutannya membuka acara, Ir. Agus Taufiq, M.Sc. selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII menyampaikan bahwa student expo tahun ini adalah kali ketiga dimana pelaksanaannya selalu digelar pada akhir tahun bertepatan dengan akhir masa perkuliahan semester ganjil. “Mungkin tahun lalu ada yang sudah pernah melihat student expo kakak tingkatnya, kali ini teman-teman yang melaksanakannya. Teman-teman bisa berkarya sekaligus bisa belajar dari karya antar teman untuk nanti dikembangkan lebih lanjut, baik menjadi hasil penelitian maupun berlanjut ke pengembangan kewirausahaan,” kata Ir. Agus Taufiq, M.Sc.

Lebih lanjut, student expo ini merupakan bagian dari mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah sebagai salah satu Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU). Dalam arti, mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah diberikan kepada seluruh mahasiswa di Universitas Islam Indonesia (UII), baik program studi D3 maupun S1. Akan tetapi yang menjadi ciri khas atau yang membedakan dengan program studi lainnya di UII, selain belajar tentang kewirausahaan dengan prinsip-prinsip Islam, dalam mata kuliah ini di Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII, mahasiswa dapat mempraktikkannya dengan merumuskan ide bisnis dan mewujudkannya melalui student expo.

Produk Mahasiswa Student Expo Rekayasa Tekstil UII (19/12/23)

Ditemui di sela-sela acara, Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc., selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan Syari’ah di Program Studi S1 Rekayasa Tekstil FTI UII mengungkapkan bahwa setiap tahunnya mahasiswa antusias mengikuti student expo. “Dengan adanya student expo, mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman pembelajaran yang berbeda, sehingga selain mendapatkan kesan positif, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman berwirausaha. Student expo ini juga sebagai pengganti ujian akhir semester, sehingga mahasiswa serius melaksanakannya,” terang Febrianti Nurul Hidayah, S.T., B.Sc., M.Sc.

Adapun teknis pelaksanaan student expo, mahasiswa dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok membuat dan menampilkan produk yang merupakan ide bisnisnya dimana tahun ini terdapat tujuh kelompok atau tujuh produk. Produk-produk tersebut dipresentasikan dalam stan-stan di Hall FTI UII yang juga dikompetisikan satu sama lain untuk menambah semangat mahasiswa. Sebagai bagian dari penilaian kelompok, mahasiswa turut membuat poster dari produknya untuk dibagikan di media sosial sebelum student expo dilaksanakan untuk meraih engagement dalam konteks digital marketing selama periode tertentu. (ASB)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *